State Institute of Islamic Studies Sunan Ampel Surabaya

Silahklan Kunjungi Kampus Saya

Feel Free To Visit My University

http://www.sunan-ampel.ac.id/

Photo: New Building of Adab Faculty (Af/28/02/2012)

Ucapan Terima Kasih Saya

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Syukur alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT telah karena memberikan saya kesempatan untuk mengikuti program ADIC (Aceh Development International Conference) 2012 di IIUM (International Islamic University of Malaysia). Beribu terima kasih juga saya ucapkan untuk Bapak Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof.Dr. Abd A’la, MA serta Bapak Dekan Fakultas Adab Dr. H. Kharisuddin Aqib, M.Ag yang telah memberikan sponsorship kepada saya. Sumbangsih yang telah diberikan kepada saya sangatlah bermanfaat untuk segala keperluan di Malaysia selama kegiatan berlangsung. Sekali lagi, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Rasa bangga dan haru menyelimuti sanubari saya karena dapat mewakili IAIN Sunan Ampel Surabaya untuk dapat berpartispasi dalam event luarbiasa tersebut. Bertemu dengan banyak researcher, professor, serta master dan undergraduate student dari tujuh negara dari Asia dan Eropa merupakan anugerah yang begitu membuat saya jadi semakin open minded dan ingin sekali saling berbagi banyak ilmu lagi.

Event yang diadakan dengan tema pengembangan wilayah Aceh, dimana daerah tersebut telah diporak-porandakan oleh gelombang maha dahsyad tsunami 2004 lalu masih menyisahkan bekas luka di masyarakatnya. Sehingga, mereka masih membutuhkan dukungan untuk pengembangan skills dan human resources yang lainnya. Terlebih lagi, masih banyak daerah rural yang butuh pengembangan. Sebutkan saja, dalam pengembangan air bersih, di provinsi Aceh masih banyak air yang berubah menjadi rusak akibat dampak darigempa dan gelombang tsunami. Akibatnya kesehatan dan proses kehidupan di sana menjadi terganggu. Oleh sebab itulah hati kecil saya tergerak untuk memberikan sedikit kontribusi saya, sebisa mungkin. Dengan relasi pertemanan dan pengalaman saya dalam mengikuti berbagai pelatihan dan konferensi nasional maupun regional, let say YLS 2011 (Young Leaders Summit) yang dulu pernah saya ikuti di Puncak Cisarua, Bogor; alhamdulillah juga turut mengantarkan perjalanan saya di sini. Tidak hanya itu, dari mengikuti event ini dapat diketahui pula bagaimana kita waspada terhadap berbagai macam bencana, karena bencana tidak hanya  berupa gelombang tsunami ataupun gempa saja. Daerah seperti Surabaya dan sekitarnya juga memerlukan kewaspadaan terhadap bencana alam tersebut. Seperti yang telah dipresentasikan oleh rekan saya, mahasiswa S1 tingkat akhir dari ITB (Institut Tekhnologi Bandung), bahwa pemahaman waspada bencana alam melalui peta daerah rawan bencana, perlu diajarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini disebabkan karena melalui peta tersebut, dapat diketahui berapa persen kemungkinan bencana itu datang, dan seberapa luas wilayah yang akan terkena bencana tersebut.

Besar harapan saya untuk dapat mengembangkan lebih lanjut, dengan mengadakan event serupa ataupun langsung terjun ke masyarakat, dengan didampingi para ahli. Saya sadar, saya hanya mempunyai power yang besar untuk memberikan kontribusi saya kepada masyarakat, namun dengan ilmu yang masih sedikit. Sehingga, pendampingan itu diperlukan.

Wassalam,

Nashruddin Afani
SastraInggris 2010
Fakultas Adab (Sastra dan Humaniora)
IAIN Sunan Ampel Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s